Kamis, 11 Oktober 2012

TEKNOLOGI

NASA Rilis Foto-Foto Perjalanan Curiosty di Mars

detail berita

Permukaan Mars hasil jepretan robot Curiosity (foto: NASA)
HOUSTON – Sejak mendarat di planet Mars, 6 Agustus 2012 lalu, robot Curiosity telah melakukan perjalanan sejauh 109 meter di permukaan Mars (sekira seluas lapangan sepakbola).

Dilansir VOA, selama di Mars, Robot Curiosity bertugas mencari indikasi dalam tanah dan batu Mars, apakah planet itu ada penghuninya atau mungkin pernah dihuni mahluk hidup, selain di Bumi.

Membuktikan hasil perjalanannya, dan keberhasilannya, Kamis  kemarin, Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) meluncurkan foto-foto satelit yang yang menunjukkan jejak lintasan kendaraan robot Curiosity.

NASA dalam kesempatan itu juga mengklaim bahwa tidak ada jejak kendaraan lain yang pernah mendarat di Mars, kecuali robot Curiosity.

Selain menunjukkan jejak perjalananya, foto-foto lain yang juga di lansir adalah hasil jepretan Curiosity sejak kali pertama menginjak permukaan Mars, yang pada saat itu juga foto-foto itu langung di kirim ke NASA yang kemudian disebarkan melalui Twitter.

Terlihat gambar pertama kali yakni di Kawah Galem dekat ekuator atau khatulistiwa Mars. Seperti diketahui, Curiosity mendarat pukul 01.31 EDT atau 12.31 WIB. Di Mars kira-kira sore hari sekira pukul 15.00, Senin, 6 Agustus 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar